Kamis, 07 Januari 2010

Jakarta Komunikasi

Berawal dari upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk melakukan penataan bangunan menara Telekomunikasi di Provinsi DKI Jakarta maka dikeluarkanlah Peraturan Gubernur Nomor 89 Tahun 2006 tentang pembangunan dan penataan menara telekomunikasi di provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Dalam upaya penataan tersebut Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkehendak untuk melibatkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bergerak di bidang telekomunikasi.

Sebagai tindak lanjut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendirikan Badan Usaha yang bergerak dalam bidang Telekomunikasi dengan membentuk anak perusahaan PT. Jakarta Propertindo melalui surat Gubernur Nomor 1762/-071.24. yaitu PT. Jakarta Komunikasi. Akta Pendirian Perseroan tertuang dalam Anggaran dasar Pendirian PT. Jakarta Komunikasi dengan Akta Notaris Nomor 6 tanggal 2 Oktober 2006, dengan Akta Perubahan Terakhir Nomor 31 dan Nomor 32 Tanggal 13 Pebruari 2007 dibuat dihadapan Sutjipto, SH. Notaris di Jakarta.

Dalam perkembangannya kegiatan usaha Perseroan diperluas sebagai mana tertuang dalam Anggaran dasar Perseroan yang diterjemahkan kedalam visi dan misi Perseroan.

Maksud dan Tujuan Serta Kegiatan Usaha Perseroan

Maksud dan tujuan Perseroan adalah berusaha di bidang pembangunan dan jasa. Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut Perseroan dapat melaksanakan kegiatan usaha bidang telekomunikasi, pembangunan sarana prasarana jaringan telekomunikasi serta menjalankan usaha bidang jasa telekomunikasi umum dan penyedia dan pemanfaatan multimedia melalui perangkat telekomunikasi.

Visi, Misi, dan Nilai Perseroan

Visi Perusahaan

Dalam memposisikan diri, persepsi terhadap usaha, serta menjalankan perannya, maka seluruh pihak yang berkepentingan (stakeholders) terhadap perusahaan telah bersepakat bahwa Jakarta Komunikasi ingin “ Mewujudkan Jakarta sebagai kota jasa dan layanan terintegrasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi”.

Misi Perusahaan

Visi tersebut di atas selanjutnya diterjemahkan dalam acuan – acuan idealisme yang ingin dipegang dan ditetapkan sebagai misi bersama yaitu:

* Menyediakan infrastrktur telekomunikasi sesuai dengan RTRW dan estetika kota.
* Menyediakan infrastrktur teknologi informasi komunikasi sampai kepada pelanggan akhir korporasi.
* Membangun jasa dan layanan berbasis internet dengan teknologi terbaik.
* Menumbuh kembangkan “Masyarakat berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi”.
* Memfasilitasi program-program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi.
* Memberikan hasil – hasil terbaik (benefit) bagi pemangku kepentingan (stakeholders) dan lingkungan.
* Menjadi teladan bagi BUMD lain dalam prinsip pengelolaan perusahaan yang sehat (good corporate governance)


Nilai Perusahaan

Pengelolaan perusahaan dilakukan berlandaskan nilai – nilai dasar yang akan dikembangkan dan dianut oleh seluruh Pengurus dan jajaran Karyawan Perusahaan dalam menjalankan tugasnya adalah:

“Passionate, Reliable, Optimistic, Focus, Integrity, dan Teamwork”

Passionate, penuh kesungguhan dan keiklasan dalam menjalankan tugas untuk pencapaian tujuan perusahaan;

Realible, senantiasa selalu menjanga dan mengembangkan hubungan baik dengan seluruh stakeholder perusahaan tidak terbatas kepada investor, mitra kerja dan, Pelanggan secara keseluruhan;

Optimistic, berpandangan jauh kedepan, semua tantangan adalah peluang yang harus dikejar dan direalisasikan sehingga tetap semangat dalam segala tindakan;

Focus, Focus dalam segala tindakan sehingga bermuara pada satu tujuan yaitu pertumbuhan dan “going concern” perusahaan;

Integrity, menjungjung tinggi kejujuran dan kepercayaan serta mengutamakan kepentingan perusahaan dalam segala tindakan.

Teamwork, Merupakan komponen terpenting dalam membangun budaya kerja yang selaras dan saling percaya, sehingga selalu mengutamakan kerjasama dalam segala tindakan untuk pencapaian tujuan perusahaan yang dicita-citakan bersama.
Dengan berpegang teguh kepada nilai-nilai ini dalam setiap tindakan, Perseroan diyakini dapat berkembang berkelanjutan untuk memberikan nilai lebih kepada seluruh stakeholders.

Struktur Pemegang Saham

Pemegang saham Perseroan adalah PT Jakarta Propertindo dan PT. Jakarta Manajemen Estatindo (PT.JME) dengan proporsi saham sebagai berikut:
Pemegang Saham Jumlah (lembar) Proporsi (%) PT. Jakarta Propertindo 1,000 97,56 PT . Jakarta Manajemen Estatindo 25 2,44 Total 1,025 100

Dewan Komisaris dan Direksi

Pengurus Perseroan yang terdiri dari Susunan Dewan Komisaris dan Direksi per 1 Januari 2007 adalah;
Dewan Komisaris Komisaris Utama : Ir. IGKG Suena Komisaris : Riko Perlambang, SE Direksi Direktur Utama : Landi Rizaldi M, SE Direktur : Ir. Dedi Yudianto, MBA


Struktur Organisasi

Struktur organisasi Perseroan digambargakan dengan skema sebagai berikut:

Direksi Perseroan terdiri dari dua orang yaitu Direktur Utama dan direktur operasional dan pengembangan. Tugas administrasi dan keuangan saat ini dibawah kendali Direktur Utama.

Program Kerja Perseroan

Program Jangka Pendek (1 - 3 tahun)

* Membuat Titik Penyebaran Antena untuk Master Plan penataan menara telekomunikasi di wilayah DKI Jakarta yang disahkan oleh Gubernur DKI Jakarta.
* Merealisasi kerjasama dengan beberapa perusahaan penyedia menara untuk pembangunan menara bersama pada aset Pemprov. DKI Jakarta.
* Membangun kerjasama dengan para investor dan lembaga keuangan bank dan non bank untuk pendanaan proyek baik proyek jangka pendek maupun jangka panjang.
* Membuat kajian “Teknologi Layanan Komunikasi Data” ; Fiber Optic, Wireless, ISP, NAP dan VoIP.
* Menggelar layanan Fiber Optic sampai pengguna akhir.
* Menggelar layanan Nirkabel.
* Penyediaan infrastruktur pelelangan berbasis Teknologi Informasi Komunikasi (TIK).
* Penyediaan layanan VoIP tertutup.
* Penyediaan layanan sistim integrator untuk bangunan perkantoran dan perumahan.
* Penyediaan layanan swiching pembayaran.


Program Jangka Menengah (4 – 5 tahun)

* Membangun Portal layanan Publik
* Membangun Portal layanan Bisnis
* Membangun Portal layanan Pendidikan
* Membangun kemitraan dengan Mitra strategis baik mitra dalam negeri maupun dari luar negeri untuk membangun aliansi bisnis yang lebih besar.
* Melakukan Go Public di Pasar Modal baik melalui Penawaran Umum Obligasi maupun Saham.


Program Jangka Panjang (6 – 10 tahun)

* Menjadi Pusat Riset dan Pengembangan Teknologi Informasi Telekomunikasi di Indonesia
* Mengembangkan dan melalukan seleksi bisnis Perseroan sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar